Mengenal Tips Trik Bermain Clash of Clans

Wednesday, August 10th 2016.

 

Smartphone kini menjadi salah satu kebutuhan utama sebagian besar masyarakat. Selain itu, smartphone berbasis android ataupun iOS tidak hanya berguna sebagai sarana komunikasi. Ia memiliki kegunaan lain alias multifungsi, namanya juga smartphone yang berarti ponsel pintar. Melalui ponsel pintar kamu bisa memainkan beragam game yang menarik, terutama buat pata gamer, tidak perlu nge-game melalui PC. Salah satu game yang sangat menarik terutama buat para cowok yaitu Clash of Clans (COC). Game ini tidak bisa dibilang sederhana dan simple karena kamu butuh tips trik bermain Clash of Clans supaya menang. Buat kamu para gamers wajib tahu dan artikel ini akan membahasnya secara tuntas tentang hal tersebut.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai tips trik bermain Clash of Clans, kamu harus tahu terlebih dulu seluk beluk game ini. Bisa dibilang game ini memang sederhana tapi tetap menantang dan seru. Inti dari permainan ini tentang bagaimana pemain membangun komunitas, bertahan, melatih pasukan, menyerang lawan supaya mendapatkan emas, elixir serta dark elixir, membangun pertahanan dari serangan lawan, penyerangan benteng dan penambahan jumlah pasukan. Menantang dan menarik sekali bukan? Dalam permainan ini kamu kan diajak berpikir untuk menentukan strategi bak orang sedang berperang. Bukan sekedar game buat asyik-asyikkan karena otak kamu harus berpikir. Buat gamer yang sangat suka tantangan, game ini sangat cocok untuk Anda.

 

Sejarah Game Clash of Clans

 

Mengetahui tips trik bermain Clash of Clans sangat penting tapi sebaiknya kamu tahu dulu bagaimana sih sejarah lahirnya game Clash of Clans. Game tersebut dikembangkan oleh sebuah perusahaan game ternama di Helsinky, Finlandia bernama Supercell. Game ini pertama kali diluncurkan untuk smartphone berbasis iOS pada 2 Agustus 2012 lalu kemudian menyusul kehadirannya pada 30 September 2013 untuk android. Selanjutnya, pada 7 Oktober 2013, game ini dirilis secara internasional di Google Play dan bebas diunduh oleh pengguna android. Sampai saat ini pun game ini masih banyak dimainkan dan diunduh oleh pengguna smartphone di dunia.

troops clash of clans

troops clash of clans

Sebelum benar-benar mengupas tips trik bermain Clash of Clans, kamu harus tahu detail permainan ini yang meliputi pasukan, bangunan dan gems. Oke, pertama tentang pasukan. Dalam permainan Clash of Clans terdapat 5 pasukan yaitu Tier 1, Tier 2, Tier 3, pasukan dark elixir dan heroes. Tier 1 sendiri terdiri dari Barbarian, pemanah, goblins. Tier 2 terdiri dari giants, wall breakers (si kerangka pembawa bom), balon dan wizard. Tier 3 yaitu dragons, healer serta PEKKA. Kemudian pasukan dark elixer berdiri atas minion, hod riders, valkyrie, golem, witches dan lava hounds. Sedangkan untuk heroes ada Raja Barbarian dan Ratu Archer. Mereka merupakan pahlawan abadi dan hanya sekali dilatih.

Masih dengan topic yaitu tips trik bermain Clash of Clans, kita berlanjut mengenai bangunan dalam permainan tersebut. Kamu membutuhkan tambang emas yang perlu dibangun untuk menyimpan emas dan elixir bagi pengkoleksi elixir. Elixir sendiri dimanfaatkan untuk melatih pasukan baru, melaksanakan penelitian di laboratorium, membangun dan meng-upgrade bangunan tertentu serta meng-upgrade pasukan. Sedangkan emas digunakan untuk membuat bangunan pertahanan, meng-upgrade balai kota sebagai akses ke bangunan yang lebih banyak dan tingkat yang lebih tinggi. Perlu kamu tahu ada beberapa bangunan yang disediakan untuk pemain agar bisa membela komunitasnya. Di dalamnya termasuk meriam, mortar, bom, menara pemanah, perangkap, sampai menara penyihir. Para gamers juga dapat membangun dinding yang bisa ditingkatkan kekuatannya, tapi tergantung pada level permainan.

Masih penasaran kan tentang tips trik bermain Clash of Clans? Yuk, kita lanjutkan. Dalam permainan ini terdapat pemimpin clan (leader) dan co-leader (co-pemimpin). Mereka yang bisa memulai peperangan dengan clan lainnya. Seperti pada peperangan sungguhan, setiap clan memiliki waktu satu hari untuk digunakan sebagai persiapan perang dan hari untuk peperangan. Setiap pemain dapat melakukan serangan hanya dua kali setiap perang. Jika pemain berhasil menyerang dan menumbangkan pasukan clan lawan maka ia akan mendapatkan bintang sebagai tAnda penghargaan. Tim yang paling banyak mendapatkan bintang dinyatakan sebagai pemenang. Agar bisa mendapatkan bonus rampasan perang, tim harus bisa memenangkan peperangan setidaknya satu kali dan harta hasil perang berupa emas dan elixir, akan disimpan dalam clan castle.

Setelah berkutat dengan segala hal tentang pasukan dan bangunan, kita beralih pada gems sebelum sampai pada topic utama yaitu tips trik bermain Clash of Clans. Apa itu gems? Yuk dibaca baik-baik. Harta sebuah tim bukan hanya emas dan elixir, ada juga gem sebagai mata uang. Gems diberikan ketika tim berhasil mencapai tingkat tertentu, memperoleh prestasi dan diberikan secara acak jika dapat menghadapi rintangan tertentu. Sedangkan agar bisa mendapatkan permata, Anda sebaiknya melakukan pembelian dalam aplikasi dan membayarnya dengan uang dalam dunia nyata. Sebenarnya apa sih fungsi gems ini? Gems berguna untuk mempercepat semu aspek dalam game. Contohnya untuk waktu pelatihan pasukan, penelitian dalam laboratorium.

Selain itu, gems juga digunakan untuk membeli banyak sumber daya dan pembangunan. Untuk mendapatkan gems, kamu bisa memperolehnya dari membersihkan semua sampah yang berupa stone, tree, bush dan trunk, mereka muncul sendiri di area village dengan menggunakan elixir. Pasti kamu merasa pusing dan bingung ya. Tapi dengan tips trik bermain Clash of Clans dipastikan kamu bisa menang. Kelihatannya memang rumit dengan segala embel-embel pasukan, bangunan, gems tapi kalau sudah memainkannya pasti nanti paham dan ketagihan. Dijamin keseruannya luar biasa. Apalagi gamers cowok bakal nge-game terus.

 

Tips dan Trik Bermain Game Clash of Clans

 

Pasti kamu sudah tidak sabar dan penasaran bagaimana sebenarnya tips trik bermain Clash of Clans. Biarpun cuma sebatas game ponsel pintar tapi kamu tetap butuh strategi agar menang karena sejatinya game diciptakan untuk membuat pengguna berpikir dan masuk di dalam dunia game. Sederhananya sebuah game, pada level tertentu yang mulai sulit pun, kamu harus punya strategi. Hal tersebut juga berlaku untuk game Clash of Clans. Butuh logika dan strategi yang matang agar kamu tidak kalah dan kamu bisa melaju terus ke level yang tinggi.

tips trik clash of clans

tips trik clash of clans

Kini tibalah saatnya pada pembahasan utama, khususnya bagi pemula. Adapun beberapa tips trik bermain Clash of Clans antara lain:

  1. Hindari penggunaan gem jika tidak penting

Buat seorang pemula, seringkali melakukan kesalahan vital ini. Jangan gunakan gems pada hal yang kurang penting, misalnya kamu menggunakan gems hanya untuk sekedar mempercepat proses atau membeli shield, tidak penting sama sekali. Kamu pasti tahu, untuk mendapatkan gems sangat sulit maka jangan buang-buang untuk hal percuma. Gunakan gems pada saat yang tepat yaitu untuk membeli atau membangun builder’s hut. Builders hut ini akan membantu proses perkembangan akun, naik ke level yang lebih tinggi. Terlebih ketika pada level menengah, builder’s hut ini sangat dibutuhkan. 4 builders sudah baik namun 5 builders lebih baik lagi, itupun jika kamu punya banyak gems.

  1. Jangan terlalu banyak trophy

Pada kebanyakan gems memiliki banyak trophy akan semakin bagus, tapi berlaku sebaliknya pada tips trik bermain Clash of Clans ini. Semakin banyak kamu mempunyai trophy maka kamu akan dihadapkan dengan lawan-lawan yang sulit. Maka dari itu, trophy awal yang tidak penting tak dibutuhkan. Semakin mudah suatu lawan maka akan semakin mudah naik level karena mudah mendapatkan kemenangan. Penentuan lawan bukan didasarkan pada level seperti kebanyakan game tapi banyaknya trophy yang dimiliki. Maka jangan terpacu pada pengkoleksian penghargaan. Meskipun kamu masih lemah tapi memiliki trophy banyak, maka kamu akan diberikan lawan yang kuat. Trophy akan mudah diperoleh jika pertahanan dan pasukan tim kuat.

  1. Hindari naik level terlalu cepat

Kesabaran memang diperlukan dalam segala hal dan merupakan salah satu tips trik bermain Clash of Clans. Tak terkecuali ketika memainkan game COC. Bersabarlah saat meng-upgrade level town hall akun COC kamu. Kenapa? Karena sama seperti memiliki banyak trophy. Semakin tinggi town hall (TH) kamu maka kamu akan dihadapkan dengan lawan yang memiliki TH tinggi pula. Apalagi ketika berada di level 4 kamu kana dihadapkan dengan lawan ber-TH 3-5. Lalu, apa yang sebaiknya kamu lakukan adalah bersabarlah dan hindari menaikkan TH. Naikkan dulu pertahanan dan pasukanmu sampai level yang mentok, barulah upgrade TH. Dalam pertahanan, jangan mempertahankan TH dibanding resource kamu yaitu emas, elixir, dsb.

  1. Seranglah kota lain

Tips trik bermain Clash of Clans selanjutnya adalah menyerang kota lain jika kamu sudah memiliki pasukan yang cukup. Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi, dasar permainan COC adalah bertahan dan menyerang serta membangun benteng pertahanan. Untuk memperkuat clan kamu harus bisa menyerang kota lain agar mendapat resource tambahan seperti gold alias emas, elixir yang digunakan untuk membangun kota kamu sendiri.

  1. Selesaikan achievement atau penghargaan kamu

Tips trik bermain Clash of Clans yang satu ini mungkin sedikit membingungkan karena kontras dengan tips nomor 2. Lantas apa bedanya? Tips nomor 2 tadi berlaku untuk kamu pemain pemula dan hindari pengkoleksian tropi pada awal-awal level permainan, karena mereka kurang penting. Namun setelah Anda cukup mahir dengan pasukan yang kuat, koleksi banyak achievement agar gems yang Anda dapatkan semakin banyak. Sejatinya terdapat banyak misi dalam achievement, misalnya untuk mencuri gold atau elixir, meng-upgrade gold storage, memenangkan pertarungan, dan lain-lain.

  1. Bangun pertahanan kotamu

Kembali pada kekuatan pertahananmu. Seperti pada peperangan sungguhan, semakin kuat pertahananmu maka ketika lawan menyerang kamu bisa bertahan. Caranya dengan melakukan upgrade pertahanan yang sekiranya penting seperti mortar, canon, town archer dan simpan segala resource berupa emas dan elixir di tempat yang aman dan terlindungi dengan baik. Tips trik bermain Clash of Clans yang terakhir adalah dengan bergabung dengan kota lain. Jika kamu sudah berhasil membangun kota yang bagus dan kuat maka sebaiknya kamu bergabung dengan kota lain agar mendapatkan resource yang lebih banyak lagi dari kota gabungan serta mendapat bantuan pertahanan dan menyerang dari kota tersebut.

Bagaimana ulasan mengenai tips trik bermain Clash of Clans dari vcc murah di atas? Semoga Anda mendapatkan manfaat dari artikel ini. Dan buat kamu pada gamers, harus mencoba permainan COC ini. Jangan sampai kudet ya, tidak tahu permainan COC yang sebenarnya sudah lama rilis. Kalau kamu ngaku gamers, wajib punya game ini di ponsel pintar kamu.

  1. Koirul - Bojonegoro

    Terima kasih banyak infonya

    16/04/2018
  2. zdion elson - Gunungsitoli,sekarang di Depok

    gmn cara bermain coc tanpa kuota di hp xyaomi.
    cara memperoleh gems yg banyak tanpa membersihkan dan tanpa mengambil di pengumpulan gems

    04/11/2017
  3. adi wahyudin - bogor

    Thnks infonya

    23/03/2017
  • Beri Komentar