Perbedaan VISA dan MasterCard pada Kartu Kredit

Sunday, December 14th 2014.

 

Mengenal kartu kredit Visa dan Mastercard

 

perbedaan visa dan mastercard

perbedaan visa dan mastercard

Bagi Anda yang sudah mengenal kartu kredit, pasti sangat familiar dengan yang namanya kartu kredit VISA dan MasterCard. Kedua logo kartu tersebut sama-sama mewakili perusahaan yang menerbitkan kartu kredit yang ada di dunia, seperti MasterCard International dan juga VISA International. Dari segi kegunaannya pun, kedua jenis kartu kredit ini memiliki fungsi yang sama. Jika Anda bingung harus memilih salah satu diantara keduanya, kami akan membantu Anda untuk menjelaskan perbedaan dari kedua jenis kartu kredit tersebut.

Dari segi layanan serta fasilitas yang ditawarkan sendiri, kedua jenis kartu kredit ini sama saja. Selain itu kemudahan dan biaya yang ditawarkan juga sama saja. Meskipun sudah diluncurkan oleh perusahaan yang berbeda, namun kedua jenis kartu kredit tersebut akhirnya melakukan kerja sama dengan mengeluarkan nama “Perusahaan Gabungan” seperti EMV yang merupakan singkatan dari Europay-Mastercard-Visa. Perusahaan gabungan tersebut terdiri dari 3 jenis kartu kredit. Namun, kita tidak akan membahas perbedaan dari ketiga kartu tersebut, yang akan kita bahas disini adalah kartu kredit MasterCard dan VISA saja.

 

Perbedaan VISA dan MasterCard

 

Adapun perbedaan VISA dan MasterCard adalah sebagai berikut:

  1. Perusahaan Penerbit

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa kedua kartu kredit ini dikeluarkan oleh perusahaan yang berbeda yang saling berkompetisi. Untuk kartu VISA sendiri, dikeluarkan oleh perusahaan VISA International, merupakan singkatan dari Visa International Service Association dengan perusahaan yang terletak di kota California, Amerika Serikat. Sedangkan MasterCard sendiri diluncurkan oleh perusahaan MasterCard International dengan lokasi perusahaan di kota New York, Amerika Serikat.

  1. Kepopuleran

Sebagai sama-sama kartu kredit, kedua jenis kartu kredit ini memiliki kepopuleran yang berbeda. Dimana, penggunaan MasterCard sendiri banyak dipakai di negara-negara Eropa maupun Amerika Serikat. Sedangkan untuk kartu kredit VISA sendiri umumnya lebih banyak digunakan di negara-negara Asia.

  1. Penggunaan Kartu

Kedua kartu kredit ini sebenarnya bisa digunakan di beberapa tempat yang berlogokan masing-masing kartu. Misalnya saja, Anda bisa menggunakan kartu kredit berlogo VISA untuk berbelanja online di situs atau toko yang memakai logo VISA. Sedangkan, MasterCard sendiri dapat digunakan di tempat atau toko yang memakai logo MasterCard sebagai media transaksi secara online.

  1. Perlindungan Keamanan Nasabah

Kedua jenis kartu kredit ini juga memiliki cara berbeda untuk melindungi para nasabah atau keamanan privasi pelanggannya. Dimana, VISA sendiri menawarkan layanan yang dinamakan Verified by VISA untuk memberikan kenyamanan para nasabah saat bertransaksi. Sedangkan MasterCard sendiri menawarkan layanan MasterCard SecureCode yaitu password pribadi untuk meyakinkan nasabah bahwa hanya pemiliknya lah satu-satunya yang dapat menggunakan kartu kredit tersebut dan terlindung dari perbuatan para pihak yang tidak bertanggung jawab.

Ya, itulah beberapa perbedaan dari kartu kredit VISA dan MasterCard versi vcc murah untuk Anda pertimbangkan ketika memilih salah satu dari kedua kartu kredit tersebut untuk kenyamanan berbelanja!

  1. iswantoro - solo

    kalau bca card itu termasuk jenis kartu visa atau master card bukan ya..

    16/07/2018
  2. kerman - batam riau

    bagaimana jika saya menemui kartu VISA mau di kembalikan sama yang punya tapi masih gak tau pemiliknya..adakah solusinya

    04/01/2018
  3. Noldy umboh - Moanad

    Terima kasih ya setelah membaca keterangan di atas saya jadi paham tentang perbedaan antara kartu kredit visa dan master card juga tentang kenyamanan menggunakan kartu kredit.

    01/05/2017
  4. Mudher - Bangkalan madura

    Terimakasih informasinya sangat membantu

    05/03/2017
  5. Okkyputra pratama - Surabaya

    Kartu visa bail says ok

    08/12/2016
  • Beri Komentar